Membongkar Misteri Black Hole/ Lubang Hitam

lazada

Lubang hitam

Black Hole atau Lubang Hitam adalah fenomena alam yang terjadi karena terjadinya lengkungan ruang dan waktu yang  curam dan ekstrim sehingga cahaya pun terperangkat dalam medan gravitasi yang luar biasa dan tidak dapat lolos dari lubang hitam ini. Pada awalnya black hole tercipta ketika massa yang sangat besar kemudian terkompresi menjadi volume yang kecil bahkan mendekati nol sehingga tercipta gravitasi yang luar biasa. Contohnya adalah bumi kita jika di padatkan sampai sebesar kacang maka akan terjadi black hole. Jadi pada dasarnya black hole dapat terjadi dari apa saja bila terkompresi cukup padat sehingga akan muncul black hole. 

 

1.Bagaimana Lahirnya Black Hole

Black Hole biasanya terbentuk dari bintang dengan massa 20 kali atau lebih besar dari massa matahari kita. Ketika bintang ini kehabisan Hidrogen sehingga proses fusi nuklir pada inti bintang in terhenti sehingga doronggan keluar yang menahan tekanan kedalam karena massa yang luar biasa ini terhenti. Tanpa dorongan keluar dari inti bintang akan menyebabkan   bintang ini runtuh ke dalam intinya sehingga massa yang luar biasa ini terkompresi ke dalam inti bintang bahkan sampai ke tingkat inti atom. Sehingga tercipta gravitasi yang luar biasa.

 

2. Black Hole Raksasa Di Pusat Galaxy Kita

Tanpa kita sadari kita semua penduduk Bumi ini sedang mengelilingi Lubang hitam di pusat galaksi kita Bima Sakti.

dengan jarak 26000 tahun cahaya dari matahari kita di daerah Sagitarius A*.

foto source

Lubang hitam ini mempunyai massa 4 juta kali massa matahari kita. Mempunyai diameter 44 juta kilometer, lebih kecil dari diameter tata surya kita. Waktu yang dibutuhkan tata surya menggelilingi/mengorbit black hole pada pusat galaksi 225 juta tahun.

 

3. Singularity

Seperti yang kita tahu dari lahirnya black hole. Singularity adalah jantung di dalam black hole dimana massa yang sangat besar dipadatkan mendekati volume sama dengan Nol atau satu dimensi saja disini seluruh hukum fisika yang kita tahu akan mengalami anomali. Sampai sekarang para ahli masih belum tahu benar apa itu singularity.

 

4. Apa yang terjadi Bila Dua black hole Saling Bertubrukan.

Bila ini terjadi maka akibat tumbukan kedua kekuatan besar ini  menghasilkan kekuatan yang luar biasa sehingga akan terjadi riak pada ruang dan waktu.Dari kedua lubang hitam ini akan lahirlah lubang hitam yang baru. Riak ini disebut dengan gelombang gravitasi ( Gravitational waves). Albert Einstein pernah meramalkan tentang gelombang gravitasi ini.

 Walaupun kejadian ini belum pernah dilihat oleh siapapun tetapi dengan banyaknya black hole maka kejadian ini mungkin terjadi. Para ahli pernah melakukan simulasi ini dengan super komputer tetapi data yang didapat membingungkan para ahli. 

 

5. Apa yang Terjadi bila Bintang di telan oleh Black Hole.

Ketika Bintang terlalu dekat dengan Lubang Hitam maka dengan daya gravitasi yang luar biasa, bintang akan seperti tomat pada blender akan tersobek dan kemudian tertelan ke dalam Black Hole. Untuk lebih jelasnya anda dapat melihat video animasi dibawah ini. Lubang hitam seperti meminum kuah sup dimana bintang adalah supnya

 

6. Apa Yang terjadi apa bila Anda Dekat dengan Black Hole

Tubuh anda yang lebih dekat dengan black hole akan mendapat gravitasi yang lebih kuat dari pada bagian tubuh yang lebih jauh dari black hole maka akan terjadi proses spaghetisasi (spaghetification) dimana tubuh anda seakan akan memajang seperti mie/spagheti . Karena tarikan gravitasi yang sangat kuat perbedaan jarak antara bagian tubuh yang lebih dekat dengan pusat black hole mempunyai perbedaan yang sangat signifikan.

 

7. Gravitational Lensing

Sebenarnya Lubang hitam sangat gelap karena cahaya tidak dapat lolos dari tarikan black hole akan tetapi cahaya pada latar belakang black hole mengalami proses pelenkungan cahaya ,karena cahaya juga terpengaruh oleh gravitasi yang sangat besar seperti pada lubang hitam.Proses pelenkungan cahaya ini disebut dengan istilah gravitational lensing. Pada video dibawah ini kita akan melihat efek gravitational lensing latar belakang bintang bintang ketika kita bergerak mengitari / mengorbit pada black hole

 

7. Event Horizon

Event Horizon pada lubang adalah titik dimana kita tidak bisa kembali (point of no return), karena pada titik ini cahaya pun tidak bisa lolos dari tarikan gravitasi dari lubang hitam. Jadi apabila kita mempunyai kendaraan yang mempunyai kecepatan cahaya pun kita tidak akan lolos dari lubang hitam bila sudah di titik event horizon. Pada titik ini waktu akan sangat melambat apabila anda melihat pesawat masuk kedalam lubang hitam maka pesawat akan semakin melambat dan berhenti di event horizon tidak bergerak seperti membeku kemudian lama kelamaan akan memerah dan hilang.

 

9. Hawking Radiation (Radiasi Hawking)

Secara singkat adalah radiasi yang di lepaskan lubang hitam di wilayah event horizon karena efek quantum. Partikel secara acak akan muncul tiba-tiba dan singkat.partikel ini mempunyai pasangan partikel positif dan partikel negatif kemudian menghilang. Kemudian Hawking bertanya apakah yang terjadi kalau partikel ini muncul didekat lubang hitam. Bila partikel ini muncul di daerah event horizon maka partikel negatif akan tertarik ke dalam lubang hitam dan partikel postif akan lepas keluar. Dan partikel positif yang terlepas keluar inilah  yang mengakibatkan muncul radiasi di event horizon disebut Radiasi Hawking. Dengan radiasi ini ada informasi yang bisa kita pelajari tentang black hole. Bila penemuan ini terbukti maka ternyata berlawanan dari perkiraan sebelumnya bahwa tidak ada apapun yang dapat lepas dari tarikan black hole.  Walaupun teori ini masih diperdebatkan tetapi para ahli berhasil membuktikan teori ini di laboratorium.

 

10 Dapatkah Black Hole mati ? 

Bila teori radiasi Hawking benar maka proses kuantum yang terjadi di event horizon sebuah black hole ketika partikel bermuatan negatif tertarik masuk kedalam black hole maka black hole akan kehilangan massa-nya sedikit semi sedikit dan suhu didalam black hole akan semakin panas bila proses ini berlangsung untuk waktu yang lama dimana massa black hole berkurang signifikan dan suhu didalam black hole sudah terlalu panans maka kemudian black hole akan meledak dan hilang selamanya.

Terima kasih telah membaca artikel ini, walaupun saya sudah berusaha memberikan yang terbaik tetapi saya menyadari bahwa artikel ini jauh dari sempurna. Bila ada kesalahan saya mohon masukannya untuk menyempurkan artikel. Dan semoga anda mendapat manfaat dari artikel ini dan silahkan di sebarkan agar orang lain juga mendapat manfaatnya.

 

Ps:

Youtube channel dari sgalada.com klik link berikut ini  sgalada.com

Facebook Page sgalada.com  silahkan klik Facebook Page

silahkan di Like agar mendapatkan update terbaru dari sgalada.com  

 

Lazada

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan