10 Cara Alami Mengatasi Asam Urat

lazada

Asam urat

Asam Urat  atau radang sendi disebabkan karena kadar asam urat yang tinggi. Asam urat sendiri merupakan sisa dari proses  metabolisme purin. Kemudian akibat kelebihan asam urat akan terjadi proses pengkristalan pada sendi yang berlansung bertahun tahun tanpa kita sadari. Kemudian akan terjadi peradangan pada sendi karena penumpukan yang terus menerus.

 

Penyebab tingginya asam urat antara lain adalah:

1. Obesitas kelebihan berat badan

2. Pada Pria lebih beresiko terkena asam urat.

3. Menkonsumsi makanan yang tinggi purin.

4. Mempunyai masalah pada ginjal sehingga proses pembuangan asam urat tidak maksimal.

5. Mempunyai resiko lebih tinggi apabila mempunyai keluarga terdekat yang juga menderita asam urat.

Untuk meringankan gejala radang sendi dapat menggunakan obat pereda rasa sakit anti inflamasi (anti peradangan) non steroid. Bila berlanjut segera hubungi dokter.

Pada artikel ini kita akan membahas 10 cara alami untuk menghindari atau mengatasi asam urat.

"PERHATIAN BAGI WANITA HAMIL KONSULTASI KE DOKTER SEBELUM MENCOBA RESEP DIBAWAH INI"

1. Makanan Yang Bersifat Basa 

foto source

Menkonsumsi makanan yang bersifat basa atau alkali lebih banyak. Makanan yang bersifat basa dapat membantu melarutkan asam urat pada ginjal sehingga akan keluar atau larut bersama air seni.

 

2. Buah Cerry

Buah cerry dapat diganti buah cerry lokal yang biasa disebut buah talok atau buah kersen (yang biasanya tumbuh liar).

Kandungan asam yang pekat dapat mengimbangi asam urat yang ada dalam darah atau air seni. Juga mengandung kalium yang dapat membantu menghilangkan rasa sakit pada persendian. Dan menurut penelitian buah cerry mengandung zat anti inflamasi alami.

 

3. Air Lemon

Siapkan air hangat kemudian beri perasan lemon, biasakan setiap pagi hari sebelum beraktifitas.

Dengan Minum air perasan lemon dapat menyeimbangkan asam urat karena sifat air lemon bersifat basa. Juga terdapat zat anti inflamasi sehingga dapat mengatasi peradangan sendi.

 

4. Propolis

Propulis atau Propolis merupakan   Lem Lebah adalah suatu zat resin yang dikumpulkan oleh lebah madu dari berbagai sumber tumbuhan seperti aliran getah atau tunas pohon. Dikumpulkan oleh lebah untuk menutupi lubang kecil, hingga 6 milimeter, sementara untuk lubang yang lebih besar digunakan lilin lebah (bee wax). Warnanya tergantung sumber tumbuhannya, namun biasanya coklat tua. Propolis bersifat lengket pada suhu ruangan atau di atasnya (20 °C). Sementara jika lebih rendah, akan menjadi keras dan rapuh.

yang memiliki kandungan zat flavonoid, asam fenolat, asam kafeat, asam sinamat, dan asam amino.  yang bermanfaat untuk mengobati dan mencegah penyakit radang sendi

 

5. Minum Air putih Yang Cukup

Dengan minum air putih yang cukup dapat melarutkan kelebihan asam urat dalam ginjal sehingga larut dengan air seni. Jumlah air putih yang disarankan antara 8 sampai 10 gelas sehari.

Terapi air putih untuk penderita radang sendi. kurangi minum minuman selain air putih seperti teh , kopi atau susu.

–  Minum air putih kurang lebih 1,5 liter setelah bangun tidur

–  Setelah minum 1,5 liter selama 1 jam  jangan makan dan minum apapun      dulu agar air putih tadi dapat diserap tubuh dengan maksimal dan                melakukan detoks pada tubuh.

– Selama terapi air putih dilarang minum alkohol.

– Awalnya akan terasa berat tetapi lama kelamaan tubuh kita akan terbiasa.

 

6. Ubi Jalar dan cengkeh

Ubi Jalar atau kadang disebut ubi saja. Pertama siap kan

– ubi yang sudah dikupas sebanyak 200 gram 

– cengkeh 5 butir

– Kapulaga 5 butir

– kayu manis 1 ruas jari

– air 1 liter

– Jahe kurang lebih 1 ruas

 

Rebus semua bahan dengan api sedang setelah mendidih kecilkan kemudian apabila air sudah berkurang setengah, matikan apinya kemudian saring. Air hasil rebusan ini yang digunakan sebagai obat alami radang sendi.

 

7. Daun Salam

Dengan minum air rebusan daun salam dapat mengobati penyakit radang sendi. caranya ambil 10 lembar daun salam kemudian direbus dengan 2 gelas air dengan api kecil sampai air berkurang setengahnya kemudian saring tunggu sampai dingin dan siap diminum. Minum larutan daun salam ini sebanyak 2 kali sehari dan selama 1 bulan.

 

8. Sayur Pare

Kandungan senyawa alami pada pare

  • Minyak lemak.
  • Asam dammar.
  • Protein.
  • Zat besi.
  • Kalsium.
  • Fosfor.
  • Vitamin A.
  • Vitamin B1.
  • Vitamin C.
  • Asam momordial.
  • Asam aleonolat.
  • Saponin.
  • Alkaloid.
  • Triterpenoid.

Dengan air rebusan Pare dapat membantu mengobati penyakit radang sendi. caranya ambil satu buah pare kemudian belah dua bersihkan bijinya dan potong potong ,kemudian rebus dengan 2 gelas air dengan api kecil , beri sedikit garam dan gula untuk menetralkan rasa pahitnya yang luar biasa (walaupun banyak juga yang suka rasa pahitnya). Setelah air berkurang setengah matikan apinya kemudian saring dan silahkan diminum air nya. Lakukan terapi rebusan air pare ini sebanyak 2 kali sehari .

Selain penyakit asam urat rebusan pare ini juga dapat membantu mengobati penyakit diabetes karena senyawa dalam pare dapat melindungi lambung agar tidak menyerap terlalu banyak gula.

 

9. Daun Cocor Bebek

Daun cocor bebek ini gampang gampang sulit ditemui. Biasanya dipakai untuk para pelajar SD untuk mempelajari perkembang biakan tumbuhan dengan daun. Apa bila kita meletakan 1 lembar daun cocor bebek ditanah maka kemudian dalam beberapa hari akan muncuk tunas tanaman baru disekitar daun. Sehingga tumbuhan ini sangat mudah dikembang biakan.

Resep alami untuk mengobati radang sendi dengan daun cocor bebek.

Pertama siapkan bahan bahan sebagai berikut.

jahe 1 ruas , cengkeh  5 butir , kapulaga 5 butir, biji pala bubuk 5 gram, kayu manis 1 ruas jari dan daun cocor bebek 5 lembar. Kemudian rebus bahan bahan diatas seperti biasanya dari dua gelas menjadi 1 gelas kemudian diminum 2 kali sehari.

10. Jahe

Jahe kaya manfaat sehingga sering digunakan untuk bahan obat obatan tradisional. Manfaat jahe dapat menghangatkan badan sehingga banyak minuman tradisional dengan bahan utamanya jahe seperti bandrek, sekoteng juga wedang ronde.

Manfaat Jahe antara lain adalah

  • untuk metabolisme tubuh
  • Menjaga kesehatan jantung
  • Menurunkan berat badan
  • mencegah kanker usus
  • mengatasi masalah pencernaan
  • meningkatakan sistem kekebalan tubuh
  • Mengobati radang sendi

 

Untuk mengolah minuman jahe agar tidak langu atau beraroma tidak enak, dengan dibakar dahulu sebelum diolah.

Kemudian bersihkan dengan membuang bagiang yang gosong. Aroma jahe akan menjadi harum tapi tidak menusuk.

setelah itu di memarkan (digeprek) kemudian rebus dengan air secukupnya dan beri gula jawa bila diperlukan. Maka minuman hangat yang kaya manfaat siap diminum.Lebih nikmat bila diminum waktu malam ketika cuaca dingin. 

 

Terima kasih sudah membaca artikel ini, semoga dapat bermanfaat apabila terjadi kesalahan penulisan saya minta maaf.

 

PERHATIAN !!

Dalam menyikapi resep obat tradisional harus dengan hati hati juga, karena ada kemungkinan walaupun kecil, bisa menimbulkan efek alergi. Jadi walaupun semua bahan terbuat dari bahan alami , kita harus bijak dalam memanfaatkanya karena kalau berlebihan juga tidak sehat. Apabila bahan bahan diatas ada yang asing buat anda konsumsi lebih baik dicoba sedikit demi sedikit agar apabila terjadi reaksi alergi tidak berdampak parah. Bila penyakit sudah parah konsultasi dokter tetap yang terutama. Resep alami ini hanya untuk tambahan saja. Konsultasikan ke dokter apakah diperbolehkan memanfaatkan resep obat alami diatas.

Dan untuk wanita hamil sebelum mencoba konsultasi ke dokter dulu.

Apabila anda mendapat manfaat dari artikel ini silahkan di bagikan ke yang lain agar mereka juga mendapat manfaatnya.

PS:

Youtube channel dari sgalada.com klik link berikut ini  sgalada.com

Facebook Page sgalada.com  silahkan klik Facebook Page

silahkan di Like agar mendapatkan update terbaru dari sgalada.com  

  •  

Lazada

2 Komentar

Tinggalkan Balasan