Mengatasi Serangan Jantung Mendadak

Serangan Jantung dapat terjadi kapan saja dimana saja dan kepada siapa saja. Tentu pengetahuan untuk mencegah dan mengatasi Serangan jantung sangat penting untuk diketahui oleh siapa saja dan yang paling penting oleh orang orang terdekat kita sehingga dapat membantu apa bila terjadi serangan jantung tiba tiba.

Penelitian di Amerika mayoritas serangan jantung terjadi di hari senin dan Mayoritas terjadi pada waktu antara jam 04:00 – 10:00 pagi.  Jam 4 pagi sampai jam 10 pagi biasanya kita masih tidur. Ketika kita tidur bila terjadi serangan mendadak tentu akan sulit dideteksi apalagi diatasi. Oleh karena itu pada artikel ini akan membahas lengkap untuk mengatasi serangan jantung.

Ciri ciri Serangan Jantung

1. Nyeri pada bagian dada, bahu leher dan tulang belikat kiri. Atau terasa seperti tertindih benda berat mati rasa sekitar tangan kiri (tidak selalu).

2. Lemas ,karena peradaran darah terganggu sehingga suplai oksigen keseluruh tubuh berkurang badan menjadi lemas. Terlihat pucat, wajah terlihat keabu-abuan.

3. Sulit bernafas karena peredaran darah kecil terjadi antara jantung dan paru paru maka bila terjadi gangguan jantung secara otomatis akan terjadi gangguan pada paru paru.

4. Pusing karena berkurangnya suplai oksigen ke otak sehingga bisa menyebabkan pusing dan kehilangan kesadaran.

5. Kadang bagi penderita diabetes akan seperti diare dan muntah terus menerus (pengalaman orang tua saya sendiri)

Ciri sakit Jantung mirip dengan masuk angin seperti pusing mual dan keringat dingin. Sehingga muncul istilah serangan angin duduk. Apabila terjadi serangan seperti ciri ciri diatas kadang kita anggap sepele karena seperti masuk angin biasa. Dan apabila terjadi serangan jantung anda bisa melakukan tindakan darurat sebagai berikut yang akan di jelaskan dibawah ini.

Pencegahan Serangan Jantung 

Serangan jantung kadang disebut silent killer karena dapat terjadi mendadak dan kadang tanpa keluhan apa apa.Jadi untuk mengatasinya tentu lebih baik menjaga kesehatan jantung dengan cara:

1. Berolah raga teratur.

Kuncinya pada kata teratur artinya lakukan olah raga sederhana secara rutin. Seperti berjalan kaki 3 km, bersepeda atau berenang. Tidak perlu ngotot dalam melakukan olah raga yang penting adalah konsistensi. Karena berolah raga secara sembarangan dan tidak teratur malah lebih banyak efek negatifnya dari pada positifnya.

 

2. Makan Makanan Yang Membantu Kesehatan Jantung   

– Tomat

Peneliti dari universitas Verona mengatakan dengan mengkonsumsi 80gr tomat sehari dapat mengurangi lemak pada pembuluh darah dan kandungan lycopene dapat melebarkan pembuluh darah 53% sehingga dapat mengurangi resiko penyakit jantung dan stroke. Baiknya jus tomat ditambah virgin olive oil untuk semakin mengurangi resiko jantung.

– Jeruk

Jeruk mengandung serat periactin yang dapat membantu mengatasi kolesterol. Dan kandungan kaliumnya membantu mengendalikan tekanan darah. 2 buah jus jeruk perhari dapat menjaga atau melindungi kesehatan pembuluh darah, juga menjaga tekanan darah pada pria.

– Olive oil / Minyak zaitun

Minyak zaitun mengandung lemak tak jenuh yang terbuat dari buah zaitun yang dihancurkan. Minyak zaitun banyak memiliki kandungan antioksidan yang bergunan menjaga kesehatan  jantung. Dan juga dapat melindungi pembuluh darah Anda.

Anda dapat meminum minyak zaitun yang ekstra virgin, 1 sendok makan setiap hari untuk menjaga kesehatan jantung atau dapat digunakan untuk dressing salad untuk lebih jelasnya dapat membaca pada artikel ini “Diet Jadi Mudah Dengan Resep Ini

– Ikan

kandungan anti oksidan dan lemak tak jenuhpada ikan terutama ikan Tuna dan Salmon seperti omega3. Dan Omega-3 adalah lemak tak jenuh yang dapat mengurangi risiko gangguan ritme jantung dan mestabilkan tekanan darah. Omega-3 berguna untuk melawan lemak jahat trigliserida dan mencegah inflamasi. Para ahli  merekomendasikan dua porsi salmon atau tuna dalam seminggu. Dapat melihat cara memasak Salmon sehat pada artikel ini “Diet Jadi Mudah Dengan Resep Ini

 

– Kacang kacangan

Kacang kenari, almond, edamame dan kacang kedelai memiliki kandungan serat dan lemak tak jenuh yang mampu membantu menjaga dan mengobati kesehatan peredaran darah anda.

Meditasi

 

Dengan meditasi kita akan melakukan olah nafas sehingga membantu memperlancar peredaran darah dan meningkatkan suplai oksigen keseluruh tubuh. Juga membantu menghilangkan stress yang merupakan salah satu faktor utama segala penyakit termasuk penyakit jantung.

Cara meditasi sederhana cukup luangkan waktu 10 menit setiap hari usahakan pada waktu dan tempat yang sama. Cukup dengan pejamkan mata dan rilekskan seluruh tubuh kemudian bernafas panjang secara teratur bisa dibantu dengan musik khusus meditasi dan aroma terapi.

Akupresure

Anda bisa melakukan akupresure pada telapak tangan kiri, mudah dan dapat dilakukan dimana saja semisal waktu kerja di kantor atau menunggu mobil jemputan atau menunggu pesanan yang belum datang. Lakukan pijatan ketiga titik seperti pada gambar diatas tidak terlalu rumit dan mudah dihafalkan.

 

Mengatasi serangan Jantung mendadak

Sampailah kita pada pembahasan yang paling penting dari artikel ini. Apa yang harus dilakukan apa bila terjadi serangan jantung mendadak. Apabila terjadi pada orang lain dan anda ada disitu maka

* langkah pertama adalah jangan panik.

* langkah kedua bantu korban dengan lepaskan bagian bagian yang mengganggu seperti ikat pinggang, sepatu, topi ,dasi dan sebagai nya.

* langkah ketiga bila korban masih sadar bantu korban untuk bernafas secara teratur dan kemudian perintahkan untuk bernafas panjang dan paksakan agar batuk. Karena waktu kita batuk akan terjadi kontraksi pada jantung sehingga diharapkan sumbatan akan terlepas.

* langkah keempat Beri Cardio Aspirin dua butir.

Waktu serangan jantung, terjadi penyempitan pada arteri karena sumbatan akibat gumpalan darah. Sehingga suplai darah dan oksigen ke jantung yang terganggu sehingga dapat mengakibatkan serangan jantung. Cardio Aspirin dapat membantu mengencerkan darah dan menghambat pebekuan gumpalan darah pada arteri, sehingga darah mengalir lebih leluasa ke jantung.

Tips Selalu bawa cardio aspirin kemana saja (bukan iklan loh)

* Bila korban tidak sadarkan diri bisa dibantu dengan CPR tentu anda perlu belajar melakukan CPR. Saya Pernah melihat pelatihan CPR di suatu Mall di Surabaya yang dilakukan oleh suatu rumah sakit dan setelah pelatihan akan mendapat sertifikat. Tapi sayangnya program ini masih belum ada diluar Surabaya.

 

Mengatasi serangan Jantung waktu tidur

Selalu siapkan 2 butir cardio aspirin dan segelas air dekat dengan ranjang tidur. Dan apa bila terjadi serangan dan korban terbangun karena sakit didada bisa langsung meminum 2 butir cardio aspirin dan coba untuk tetap tenang dan mengatur nafas sambil melakukan akupresure telapak tangan kiri seperti yang sudah dibahas diatas.

 

Terima kasih sudah membaca artikel ini apabila terjadi kesalahan saya mohon maaf karena keterbatasan pengetahuan saya ini. Beberapa bagian dari artikel diatas diambil dan disarikan dari banyak artikel semoga artikel ini bermanfaat dan membantu masalahpenyakit jantung secara umum. 

Juga Hindari kebiasaan buruk yang dapat memicu penyakit jantung seperti kurang tidur, merokok, stress dan makan makanan yang tidak sehat. Jadi selain berusaha meningkatkan diri agar dijauhi dari penyakit jantung maka usahakan juga mengurangi hal yang dapat menyebabkan penyakit jantung. Sehingga dengan melakukan hal hal yang positif dan menghindari yang negatif merupakan kombinasi yang baik dalam meningkatkan kualitas hidup kita.

Dan apabila anda mendapatkan manfaat dari artikel ini saya harapkan dapat dibagikan ke orang-orang terdekat anda agar mereka dapat juga menjaga dan mengatasi masalah jantung yang merupakan penyakit yang mematikan karena dapat berlangsung dengan cepat tanpa peringatan terlebih dahulu. Seperti yang terjadi pada salah satu arti penyanyi kita yang meninggal kena serangan jantung waktu tidur siang dengan umur yang masih relatif muda.

terima kasih

Ps:

Facebook Page sgalada.com  silahkan klik Facebook Page

silahkan di Like agar mendapatkan update terbaru dari sgalada.com  

Tinggalkan Balasan

  1. Hanya sebagai tambahan. Ciri2 Biasanya nyeri di bagian dada dideskripsikan pasien sebagai ditimpa sesuatu yg sangat berat (contohnya diinjak gajah dll). Pada wanita khususnya, pasien biasanya mengatakan bahwa dirinya kena indigestion. Ciri khas lainnya adalah kesemutan yg menjalar di bagian tangan biasanya kiri tapi tidak harus. Keringat yg banyak. Muka agak keabu2an. Banyak orang mengira bahwa begitu orang kena serangan jantung, pasien akan langsung pingsan tapi biasanya pasien bisa merasa okay walau mengalami serangan jantung (pengalaman nyata: ada orang yg tetap bersepeda walaupun sudah sekitar 20 menit kena serangan jantung). Kalau Anda suspek seseorang kena serangan jantung, dudukkan dia di lantai (kalau memungkinkan), karena sewaktu2 pasien bisa kolaps dan kepalanya bisa terbentur.
    Anda harus siap CPR, sewaktu2 pasien kolaps. Kalau memungkinkan cari seseorang untuk mencari AED (defibrilator). Pertolongan pertama sangat membantu penderita serangan jantung untuk selamat.