10 Manfaat Ikan Teri Bagi Kesehatan

lazada

ikan teri di dalam wadah

Ikan Teri adalah jenis ikan dengan ukuran kecil yang merupakan salah satu dari hasil laut Indonesia.

Kandungan Gizi di dalam Ikan Teri

1. Protein

Walaupun teri berukuran kecil namun memiliki kandungan protein yang tinggi. Nilai gizi ini berlaku untuk ikan teri yang masih segar dan bukan jenis ikan teri yang sudah diasinkan. Di dalam 100 gr ikan teri segar, terkandung 10.3 gr protein. Protein ini tentunya akan sangat bermanfaat bagi tubuh kita.

2. Kalsium

Teri mengandung kalsium dan  merupakan salah satu kaandungan  yang tertinggi. Tebukti, dari 100 gr teri ini, terkandung 972 mg kalsium.

3. Fosfor

Sama seperti jenis ikan laut lainnya, selain mengandung kalsium, teri segar juga mengandung fosfor.  Di dalam 100 gr teri segar, terdapat kandungan fosfor sebanyak 253 mg.

 

4. Zat besi

Ikan teri juga memiliki kandungan zat besi yang cukup tinggi. Setiap 100 gr ikan teri segar ternyata mengandung 3.9 mg zat besi.

 

5. Vitamin A

Walaupun kandungan vitamin A pada ikan teri segar tergolong kecil apabila dibandingkan dalam manfata sayur-sayuran atau buah-buahan. Namun vitamin A dalam ikan teri ini ini tetap dapat membantu dalam memenuhi kebutuhan vitamin A sehari-hari.

Kandungan vitamin A pada teri segar sendiri adalah sebesar 43 IU per 100 gr teri segar.

 

6. Vitamin B1

Ikan teri juga terbukti memiliki kandungan vitamin B1. Walaupun tergolong kecil kandungannya, yaitu hanya 0.24 mg vitamin B1 per 100 gr ikan teri segar. Namun tetap saja vitamin B1 memberikan manfaat yang baik bagi tubuh, antara lain :

  • Menjaga kesehatan tubuh
  • Membantu proses oksidasi pada tubuh
  • Memberikan dan memproses energi yang masuk ke dalam tubuh.

7. Lemak

Apabila dibandingkan dengan kandungan protein dan karbohidrat yang dimiliki oleh teri, lemak yang terkandung di dalam teri tergolong rendah, yaitu hanya sebanyak 1.4 gr lemak per 100 gr ikan teri segar. Maka dari itu, bagi yang sedang melakukan program diet.

Keunggulan Ikan Teri dibandingkan Jenis Ikan Lain

Apabila dibandingkan dengan jenis ikan lain,  teri memiliki beberapa keunggulan, diantaranya adalah :

1. Harganya yang lebih murah – Apabila dibandingkan dengan ikan lainnya, ikan teri memiliki harga yang relatif jauh lebih murah. Karena itu pula, teri terkadang sering dipandang sebelah mata sebagai ikan kelas bawah.

2. Mudah dikonsumsi – Mengkonsumsi ikan teri sangatlah mudah, anda tidak perlu repot memisahkan duri dan tulang karena ukurannya yang kecil.

3. Mudah diolah – Bentuknya yang kecil membuat ikan teri ini mudah sekali diolah. Anda hanya tinggal mencuci dan mmbersihkan saja, lalu bisa langsung anda olah tanpa harus repot memotongnya terlebih dahulu.

4. Menjadi bahan campuran makanan – Ikan teri sering digunakan sebagai bahan campuran makanan, untuk menambah citarasa dan menambah menarik suatu makanan. Beberapa contoh makanan yang menggunakan ikan teri sebagai bahan campurannya, yaitu rempeyek teri dan tambahan pada tumisan sayur.

Resep Teri Bungkus Daun Labu

Bahan Utama Teri Bungkus Daun Labu

  • 300 gram teri nasi basah
  • 2 tangkai daun bawang
  • 1 sendok teh garam
  • 4 buah tomat hijau
  • 1/4 sendok teh gula pasir
  • 1 sendok teh air asam
  • 4 buah cabai merah
  • 2 ikat daun labu
  • 12 lembar daun pisang untuk membungkus
  • 3 buah cabai hijau besar

Bumbu yang Dihaluskan

  • 7 butir kemiri
  • 4 buah cabai rawit merah
  • 10 butir bawang merah
  • 2 cm kunyit

Cara Menyiapkan Bahan-Bahan

  1. Silahkah ambil teri yang sudah anda siapkan. Kemudian bersihkan teri tersebut.
  2. Potong daun bawang
  3. Potong serong cabai merah besar. Lalu iris serong cabai hijau besar.
  4. Setelah itu potong-potong tomat hijau dengan ukuran sesuai selera.
  5. Petiki daun labu yang sudah anda siapkan. Lalu cuci hingga bersih.
  6. Bakar kunyit dan sangrai kemiri. Lalu haluskan semua bumbu halus seperti yang sudah disebutkan di atas.

Cara Membuat Teri Bungkus Daun Labu

  1. Siapkan wadah, lalu masukan air asam, gula, garam dan bumbu yang sudah dihaluskan. Aduk semua bahan-bahan tersebut sampai merata.
  2. Masukan teri bersama dengan daun bawang. Aduk-aduk sampai merata.
  3. Ambil selembar daun pisang. Kemudian simpan daun labu sebagai lapisannya.
  4. Selanjutnya tata irisan tomat dan cabai di atas daun labu.  Lalu sendokan adonan teri yang sudah dibuat tadi.
  5. Setelah itu gulung dan sematkan lidi pada kedua ujung-ujungnya.
  6. Jika sudah anda bisa langsung mengukusnya menggunakan api sedang selama kurang lebih 20 menit atau hingga benar-benar matang.

Teri bungkus daun labu sudah selesai dibuat. Nikmati menu yang lezat ini bersama dengan nasi putih hangat agar lebih enak dan berselera. Agar acara makan lebih spesial anda bisa menyantapnya dengan dilengkapi menu yang lainnya.

Demikian resep dan cara membuat teri bungkus daun labu. Mudah dan sederhana bukan? Selamat mencoba di rumah dan jangan lupa untuk share resep ini kepada teman-teman anda dengan klik share yang sudah disediakan.

Mungkin pada awalnya kebanyakan dari kita, menyepelekan ikan teri karena banyak yang meragukan manfaat ikan teri ini. Namun ikan teri ini, pada kenyatannya memang kecil-kecil cabe rawit karena memiliki sejumlah kandungan gizi yang tinggi dan ternyata baik untuk tubuh kita.

.

Manfaat Ikan Teri Bagi Kesehatan :

1. Menjaga kesehatan tulang

Tingginya kandungan kalsium dan fosfor di dalam ikan teri membuat ikan ini sangat baik untuk kesehatan tulang. Beberapa manfaat teri untuk tulang antara lain mencegah osteoporosis, memperkuat tulang, dan menjaga kesehatan gigi.

2. Sebagai antioksidan

Selain mencegah terjadinya osteoporosis, ikan teri ternyata juga dapat digunakan sebagai antioksidan bagi tubuh. Hal ini tak lepas dari tingginya kandungan zat besi dan vitamin A yang mampu menangkal radikal bebas dari udara yang masuk ke dalam tubuh.

3. Membantu proses oksidasi tubuh

Meskipun kandungan vitamin B1 dalam ikan teri tergolong rendah, namun kebaradaan vitamin ini cukup baik untuk membantu proses oksidasi di dalam tubuh sehingga tubuh tetap sehat dan terhindar dari berbagai penyakit.

4. Menjaga kesehatan organ mata

Kandungan vitamin A dalam ikan teri tentu memiliki peran besar terhadap kesehatan mata manusia. Selain menghindarkan mata dari penyakit, vitamin A dalam ikan teri juga membuat penglihatan menjadi lebih jernih.

5. Sumber energi

Sama seperti bahan makanan lain yang memiliki kandungan lemak, ikan teri juga dapat dimanfaatkan sebagai sumber energi karena kandungan lemaknya yang cukup tinggi

6. Memperkuat sistem imun

Ikan teri mampu menjaga sistem imun manusia terutama anak – anak karena kandungan vitamin A nya yang tinggi.

7. Mencegah anemia

Selain berfungsi sebagai antioksidan, zat besi pada teri juga berfungsi mencegah anemia karena zat ini mampu mempercepat produksi darah di dalam tubuh.

8. Mengoptimalkan fungsi otak

Kandungan fosfor dan protein dalam ikan teri dianggap mampu mengoptimalkan fungsi otak terutama bagi anak di bawah usia 10 tahun.

9. Membentuk dan menambah massa otot

Bagi anda yang sedang dalam proses membentuk tubuh, teri bisa menjadi opsi yang bagus sebagai bahan makanan selain telur dan daging. Ini dikarenakan protein dalam ikan teri dinilai bagus dalam membentuk dan menambah massa otot.

10. Baik untuk anak pada masa pertumbuhan

Seperti yang telah kami sebutkan di atas, kandungan nutrisi yang melimpah dalam ikan teri membuat ikan ini cocok untuk anak yang sedang dalam masa pertumbuhan. Karena mengandung vitamin dan antioksidan yang membantu pertumbuhan anak

11. Mempercepat penyembuhan luka

Zat besi yang terdapat dalam teri mampu mempercepat penyembuhan luka dengan sangat efektif. Karena zat besi membantu mengikat oksigen dalam darah.

 

Terima kasih sudah membaca artikel ini , semoga bermanfaat. silahkan di share dan like fp sgalada.com disini

 

 

Lazada

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan